loading...

Monday, January 12, 2015

Syair Layla Majnun "Terbakar Api Cinta"

Syair Layla Majnun - Pada postingan kali ini, Mutiara Bijak akan share mengenai Syair yang dilantunkan oleh pecinta sejati yaitu Qays si Majnun. Syair ini jelas ditunjukan untuk kekasihnya yaitu Layla. Keberadaannya jauh namun hatinya tetap bersatu padu tidak dapat dipisahkan.

Dikisahkan bahwa ketika Syed Omri (ayah Qays) dari kabilah Bani Amir yang disegani mulai melunak karena melihat penderitaan anaknya yang telah dimabuk cinta. Ia lalu bersedia melamarkan Layla dari Bani Qhatibiah di lembah Nejd. Tapi jawaban ayah Layla membuatnya merasa ditampar dan dilempari kotoran di wajah: Demi Allah, saya tidak menginginkan orang-orang Arab berbicara, saya mengawinkan puteriku dengan pemuda gila.

Sejak itu Syed Omri dan para kerabat berusaha merayu dan membujuk Majnun untuk melupakan gadis pujaannya. Majnun dengan amarah meluap mengangkat tangan, merobek-robek pakaian dan mencampakkannya ke tanah. Ia pergi ke padang belantara. Di sana ia menangis tersedu-sedu, airmatanya bercucuran, seluruh jiwanya seolah terbakar. Terbakar api cinta, terbakar oleh ketidakberdayaan. Mulutnya tak henti menyebut nama sang kekasih, seperti mantra yang dapat mengurangi rasa sakit. Saat kenangan pada Layla hadir menyentuh benak, ia pun menggumamkan syair:

Syair Terbakar Api Cinta

(Syair Qays Saat Ia Berkelana Tanpa Arah Karena Semua Kawan dan Keluarganya Tidak Sanggup Mengobati Jiwanya yang Telah Dimabuk Cinta)

Syair Layla Majnun "Terbakar Api Cinta"
Kerabat dan handai taulan mencelaku
Karena aku telah dimabukkan oleh kecantikan Layla
Ayah, putera-putera paman dan bibi
Mencela dan menghardik diriku
Mereka tidak mampu membedakan cinta dengan hawa nafsu
Nafsu mengatakan kepada mereka, keluarga kami berseteru
Mereka tidak tahu, dalam cinta tidak ada seteru atau sahabat
Cinta hanya mengenal kasih sayang
Ku bertanya dalam kalbu, ada apakah gerangan ?
Keluarga Layla tak akan menjual anak gadisnya
Berapa pun harga yang ditawarkan
Dan keluargaku tak hendak membeli
Semoga Allah menakdirkan kebaikan bagi kami
Dengan kerinduan mendalam
Yang selalu aku simpan
Semoga kelak kami dipertemukan
Tidakkah mereka mengetahui?
Kini jiwaku telah terbagi
Satu belahan adalah diriku
Sedang yang lain telah ku isi untuk dirinya
Tiada tersisa selain untuk kami.

Itulah syair Terbakar Api Cinta (Syair Qays Saat Ia Berkelana Tanpa Arah Karena Semua Kawan dan Keluarganya Tidak Sanggup Mengobati Jiwanya  yang Telah Dimabuk Cinta). Langsung saja baca Syair Terbakar Api Cinta II selanjutnya yang menggugah hati dan mengharukan para Bijak Lovers. Terimaksih like dan sharenya.
Advertisement

Thank you for commenting.
EmoticonEmoticon