loading...

Wednesday, December 23, 2015

Syair Menyebut Namamu, Wahai Layla!

Syair Menyebut Namamu - Bijak Lovers yang budiman, beginilah cinta. Jadikanlah kaum pecinta dalam keadaan afiat malam ini, yaitu dia yang terus mengingat cintaku saat orang lain terlelap tidur. Dia yang jatuh tertelungkup mencium bumi dan berdoa pada-Mu untuk kebahagianku. Dimana pun berada, pecinta akan selalu membawa dan menjaga kekasihnya di dalam sanubari terdalam. Demikianlah gambaran seorang guru cinta, Qays si Majnun ketika diajah ayahnya untuk berziarah ke kota Makkah. Qays terus menyebut-nyebut nama kekasihnya, Layla.

Diceritakan saat Qays sudah berada di depan Ka'bah, Qays pun mulai mencurahkan isi hatinya dan memohon kepada Dzat yang Maha Penyayang.
Duhai jiwa nan merindu, aku datang ke rumah Allah untuk mengharap kebaikanmu. Memohon agar Allah berkenan mempertemukan engkau dan aku. Wahai jiwaku, bersabarlah, demi Allah engkau bukanlah jiwa yang pertama kali kehilangan kekasihnya. Ya Allah tolonglah diriku ini, Kasihanilah daku yang tak berdaya, hidup bagai narapidana, di dalam penjara asmara.

Mendengar permohonan Qays, ayahnya seperti disayat duri, ternyata jiwa dan cinta anaknya pada Layla tidak bergeming. Sebagai orang tua, ia masih ingin berbuat yang terbaik dan kemudian mengajak Qays ke Mina untuk melempar jumroh. Namun, ketika sedang berada di Mina, Qays pun mendengar seseorang berteriak dari salah satu kemah memanggil Layla. Seketika bergetarlah tubuh Qays, hatinya risau dan pikirannya kacau, hingga jatuh tak sadarkan diri. Sang ayah pun hanya bisa menangis dan merasa sedih melihat keadaan Qays.

Setelah Qays sadar, ia pun mengucapkan bait-bait syair:

Syair Menyebut Namamu, Wahai Layla!

(Syair Qays Ketika Sedang Berada di Mina dan Majnun Mendengar Seseorang Berteriak dari Kemah, Wahai Layla!”)
Syair Menyebut Namamu, Wahai Layla!
Seseorang memanggil-manggil namamu
Saat kami berada di lereng bukit Mina
Mendengar namamu
Terguncanglah hatiku karena sedih

Duhai lelaki itu
Tidak mengetahui betapa suci namamu
Mengapakah ia memanggil nama Layla
Dengan seenaknya

Apakah ia tidak tidak tahu
Dengan menyebut namamu
Berarti ia menerbangkan seekor burung
Yang telah bersarang di hatiku

Ia memanggil nama Layla
Semoga Allah membukakan kedua matanya
Untuk melihat betapa pesonamu
Tak mampu ia bayangkan

Demikianlah syair menebut namamu dan tentang Syair Menyebut Namamu, Wahai Layla! Semoga bisa menginspirasi bijak lovers dan mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Advertisement

Thank you for commenting.
EmoticonEmoticon